Info Singkat Tentang Visa Schengen dan Pengajuannya

Menyambung postingan saya tentang solo traveling ke Eropa, saya mengkhususkan untuk menulis tentang visa Schengen sebagai syarat untuk bisa berkunjung ke beberapa negara di Eropa. Sebelum kamu membuat itinerary pastikan dulu negara mana saja yang masuk ke dalam visa Schengen, fyi Inggris dan Irlandia tidak termasuk disini.

Negara- negara yang masuk ke dalam visa Schengen sbb :

Austria, Belanda, Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Jerman, Hongaria, Islandia, Italia, Latvia, Lichtenstein, Lituania, Luxembourg, Malta, Norwegia, Polandia, Portugal, Perancis, Republik Chechnya, Slowakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swis dan Yunani.

Sumber dari :

https://id.ambafrance.org/Permohonan-VISA-ke-Perancis-1880

Pengajuan visa schengen bisa melalui kedutaan negara dimana kita mendarat pertama dan menghabiskan hari paling lama di negara tersebut.

Pengajuan visa Schengen yang paling sering dipilih karena lebih besar kemungkinan diapproved (melihat pengalaman dan info dari teman-teman) adalah melalui kedutaan Belanda atau Perancis.

Saya sendiri memilih kedutaan Belanda karena saya memang mendarat di Belanda dan paling banyak menghabiskan hari disana. Saya menggunakan jasa travel agent untuk efisiensi waktu karena saya tinggal di Bandung jadi hanya cukup 1 kali ke Jakarta. Sedangkan untuk mengurus sendiri perlu setidaknya 3 kali kesana. Tentu saja biayanya lebih mahal melalui travel agent.

Syarat pengajuan visa schengen melalui kedutaan Belanda bisa dilihat disini :

http://www.vfsglobal.com/Netherlands/Indonesia/Bahasa/how-to-apply.html

Untuk visa Schengen melalui kedutaan Perancis bisa dilihat disini :

https://id.ambafrance.org/Permohonan-VISA-ke-Perancis-1880

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memudahkan visa kita diapproved, saya fokus ke tabungan ya, isi tabungan kamu dengan minimal sejumlah uang (yang sebenarnya tidak jelas disyaratkan berapa oleh kedutaan) tapi usahakan mengisi dengan cara menghitung pengeluaran kamu per hari dikali jumlah hari kamu stay disana.

Minimal pengeluaran per hari di Eropa 34 Euro x 15 hari, hasilnya berapa kamu lebihkan 30 %.

Harap dicatat uang tersebut sudah ada 3 bulan sebelum kamu mengajukan visa dan rekening diusahakan aktif.

Selain itu kamu lengkapi surat-surat yang diperlukan.

Semoga info ini berguna untuk kamu yang berencana ke Eropa.

No Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: